BIAYA KULIAH STPN BERAPA YA?


Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini aku mau jelasin tentang biaya yang aku keluarkan ketika aku sekolah D1 STPN. Ini buat referensi kalian ya, yang mau tau berapa sih uang yang dibutuhin biar orang tua bisa nyiapin dana dari jauh jauh hari. Biaya ini seinget aku aja ya. Jadi mungkin tahun kalian bisa jadi nambah atau berkurang. Mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam menyampaikan. Selamat membaca


Aku diploma 1 angkatan 23, Aku lulus tahun 2019 dan masuk tahun 2018. Biaya yang aku keluarin saat pertama kali yaitu biaya pendaftaran Rp.175.000.  terus setelah lolos seleksi administrasi, ada tes kesehatan. Nah, di tes kesehatan ini aku bayar 500 ribu.  Terus setelah lolos semua tes, ada pembayaran kaos PPSPP (PPSPP itu sama kaya PKKTB/ospek gitu lah), makan ospek, sama sragam dan kawan kawan sebesar Rp. 900 ribu. Terus ada biaya pendidikannya kurang lebih 12,5 juta. Itu udah termasuk biaya asrama ya. Terus cara bayarnya 2x. pembayaran pertama kurang lebih 4 juta, terus sisanya dibayar pas kloter ke 2. Selain biaya itu, ada lagi uang makan. Uang makan itu dibayar per 4 bulan sekali sebesar kurleb 3 juta. Jadi total setahun uang makan sekitar 9 juta. Biaya itu belum termasuk biaya pribadi ya, kaya jajan, keperluan pribadi dll. Jadi total biaya yang di keluarin itu sekitar 23 juta.


Sekian penjelasan dari aku, semoga bermanfaat. Maaf  jika ada kata yg kurang enak, kalau ada yg mau koreksi silahkan dm/komen di artikel. Makasih udah baca artikelku. Kalau misalnya ada yang mau ditanyain bisa dm ig ku @septinngrumrz___ (follow juga jangan lupa hehe)


Comments

  1. Biaya pendidikannya itu emang udah dibagi sama rata untuk semua mahasiswa atau tergantung penghasilan ortu kak?

    ReplyDelete
  2. Kirain gratis kuliahnya, ternyata bayar ya

    ReplyDelete
  3. kak kalo yang D4 itu langsung jadi pns ya ? dan biaya kuliahnya di tanggung sama pemerintah apakah benar ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga, harus tes PNS juga kalo yg umum. untuk biaya D4 umum bayar mandiri.

      Delete
  4. Apakah untuk yang D4 biaya persemester sudah termasuk biaya asrama kak?terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts