TES STEREOSKOPIS APA SIH?


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Apa kabar teman-teman? Semoga sehat selalu yaa,,
Kali ini aku mau jelasin tentang tes stereoskopis. Bagi yang belum tau kenapa aku bahas tes stereoskopis karena dulu di artikel (penjelasan tes masuk STPN) aku gak jelasin secara detail gimana tes stereoskopis itu. Tapi kali ini aku akan mencoba menjelaskan tes ini karena ini adalah salah satu tahapan tes masuk D1 STPN tahun 2018. Bila ada salah dalam menjelaskan mohon di koreksi ya.

Apa sih tes stereoskopis?
Sebelum aku jelasin tes stereoskopis aku mau jelasin dulu alatnya yaitu stereoskop. Stereoskop ada 2 yaitu stereoskop cermin dan stereoskop saku.
Ini gambar stereoskop cermin

Dan ini gambar stereoskop saku


Yang aku gunakan ketika mengikuti tes adalah stereoskop cermin. Cara kerja alat ini adalah untuk melihat kedalaman foto udara. Maksudnya, foto yang akan kita lihat menjadi 3D.

Jadi, tes stereoskopis menurutku adalah melihat 2 foto udara yang saling bertampalan menggunakan stereoskop cermin sehingga dapat melihat foto/gambar menjadi 3D. pada intinya menurut say aitu tes apakah mata kita (maaf) juling atau tidak (menurut saya). Jadi tidak usah takut untuk tes stereoskopis.

Jadi pada intinya, saat kita tes sudah ada 2 foto udara yg sudah di tempatkan di bawah stereoskop cermin, lalu kita disuruh melihat ke stereskop. Setiap pandangan orang berbeda-beda tentang letak 2 foto udara tersebut. Ada yg harus di dekatkan lagi atau di jauhkan.  Setelah pas, kita akan bisa melihat gambar tersebut secara 3D. dulu, aku disuruh menjelaskan mana yang paling tinggi. Maka aku akan jawab pohon yang paling tinggi sambil menunjuk foto udara, tapi mata saya tetap melihat stereoskop  cermin.  Terus aku disuruh menjelaskan apa yang aku lihat. Yaudah aku bilang (sambal menunjuk obyek yang dijelskan) ini pemukiman, rumah, jalan, pohon pohon/vegetasi dkk. Setelah itu tes stereoskopis sudah selesai.




ini adalah contoh pemakaian stereoskop cermin

Sekian penjelasan tes stereoskopis dari saya, banyak kata-kata yang sulit dipahami mohon maklum karena saya juga belajar. Terimakasih sudah membaca artikel saya. Jangan lupa baca artikelku yang lain yaa… see u. jika ada yang kurang faham bisa tanyakan di dm Instagram @septinngrumrz___ insyaAllaah akan saya jawab, atau tulis di kolom komentar. terimakasiiih wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Comments

  1. Grup stpn
    https://chat.whatsapp.com/DYChq3v6vpbIAqvMaLA8Yq

    ReplyDelete
  2. Kak ijin bertanya apakah di stpn ada sistem senioritas, dalam artian senior dapat menindak junior yg dianggap salah ?
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  3. kak izin bertanya, setiap melaksanakan tes apakah mengeluarkan biaya atau ditanggung pihak STPN ?

    ReplyDelete
  4. izin bertanay, apakah mata minus bisa masuk, dan minimal minus berapa? terimakasih

    ReplyDelete
  5. mas kalo ada luka ditubuh seperti luka jahitan bisa ngak ya mas?Kalo anak smk TKJ masih bisa kah mas?

    ReplyDelete
  6. Saat tes kesehatan apakah akan dicek seluruh badan dan tidak boleh ada bekas luka alergi apapun? (Dalam jumlah relatif banyak)

    ReplyDelete
  7. Izin bertanya, untuk pendaftaran biasanya dilakukan saat bulan apa?

    ReplyDelete
  8. izin bertanya kak, apakah di stpn ada aturan bersosialisasi dlm kehidupan sehari-hari?

    ReplyDelete
  9. apakah buta warna bisa masuk stpn kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts