penjelasan tes masuk STPN


TES MASUK STPN

Assalamu'alaikum teman teman

Nah pada artikel kali ini, aku bakal share pengalaman aku ikut tes STPN. langsung to the point aja ya guys (bagi yang belum tau STPN bisa jadi referensi apa sih STPN itu?

Nah jadi, stpn itu ada 3 tahap tes.

1. Tes administrasi

2. Tes tulis

3. Tes kesehatan dan kesamaptaan

jadi aku jelasin tesnya dari pertama kali ya, biar kalian bisa persiapan


Nah, nanti kalian pantengin terus web stpn aja, nanti bakal keluar informasi penerimaan taruna baru D1. Kalo udah mantep daftar, langsung aja cari persyaratannya. Aku dulu kalo gak salah, habis pengumuman itu persiapan buat berkasnya itu cuma 8 hari efektif aja. Sebenernya lebih dari 8 hari sih, cuman kan kita transfer pake bank ya, nahh.. bank nya itu kalo sabtu, minggu dan hari libur itu tutup. Jadi kalian manfaatkan waktu, lebih cepat lebih baik. Dan juga kalian masih nge-pos-in berkas kalian ke STPN. Kalo udah selesai, tungguin pengumuman administrasi, biasanya diumumin di web resmi STPN.


Setelah kalian lolos tahap satu, kalian bakal nglanjutin tahap dua. (kalau masih ada persyaratan tinggi, berarti kalian gak langsung tes tulis tapi kalian tes tinggi dulu. Kalau tidak ada syarat tinggi badan berarti langsung tes tulis) Kalo tahun 2018 tinggi badan minimalnya 158 buat cewe, 165 buat cowo (buat referensi, bisa aja beda tiap tahun). Terus habis kita dapet kartu lulus tinggi badan, kita bakal lanjutin tes tertulis. Nahh di tes tulis ini, tesnya ada 2, tes matematika sama pengetahuan umum. Kalian banyak yang bingung sama penilaiannya gak? Gini.. buat kalian kalo mau ngerjain soal, coba dibaca dulu perintahnya yang ada di halaman pertama itu. Disitu pasti di cantumin cara penilaiannya. Nah pas tahunku (2018) itu, penilaiannya benar +4, salah 0, kosong 0. Jadi ku isi semua, siapa tau kan ada yang bener walaupun ngasal.


Trus habis tes itu kita nungguin pengumuman kan ya, kalo kalian lolos nanti kalian bakal lanjut ke tes kesehatan dan kesamaptaan. Nah tesnya itu terdiri dari banyak tes.. nah disitu biasanya kita tesnya 2 hari. Kalo bisa kalian itu datengnya hari pertama sama hari kedua. Nah tesnya itu diantaranya (mengacu tahun 2018, dan kalo sama ya. Buat referensi aja):


A. pemeriksaan kesehatan yg meliputi: TBC, HBS.Ag, SGOT, SGPT, pemeriksaan mata dan THT, tes narkoba, psikotropika dan zat aditif (NAPZA).


Di tes ini, cukup dengan tes urine (jadi kita tinggal kencing aja) trus kalian rontgen (sudah disediakan dr STPN), sama tes buta warna biasa. terus ditambah ambil darah.


B. Wawancara dan uji stereoskopis.


Pas tes ini, kalian gausah bingung materi wawancaranya apa.. aku yakin kalian bisa jawab kok. Jadi teknisnya nanti kita tes wawancaranya itu antri dulu, trus nanti kita disuruh ngisi kertas yangmana kertasnya itu udah ada pertanyaannya. Jadi kita tinggal jawab aja.. trus kita ke pewawancaranya, trus ditanyain seputar jawaban yg kita tulis tadi.. o iya kalian jangan lupa cari tau ttg STPN, takutnya nanti ditanyain wawasan ttg STPN. terus tes stereoskopisnya itu gak susah ko. Kita disuruh liat pake alat gitu, trus kita disuruh ceritain apa yang kita liat. Trus ditanyain seputar gambar itu sih.. kaya gambar 3 dimensi gitu.. ini link buat penjelasan tes stereoskopis.


C. Tes kesamaptaan


Nah di tes ini, biasanya nanti tesnya dilaksanain di AAU. Jadi yg ngetes dari pihak AAU. Tesnya itu terdiri dari lari, pull up (kalo cewek chinning), sit up, push up sama shuttle run. Pas kita lari itu, kita ngelilingin arena lari distadion waktunya 12 menit. Jadi itu buat ngukur kekuatan kita bisa sampe berapa putaran (yg penting gausah nyampe pingsan aja). Yang lain "BIASALAH" hehe. Nanti kita dikasih waktu satu menit buat chinning, push up sama sit up. (maksutnya chinning satu menit, push up satu menit trus pull up satu menit). Trus nanti dihitung kita dapet berapa. Trus shuttle run. shuttle run itu lari cepet. Nah larinya itu membentuk angka 8. Itu nanti kita ngelilingin tiang yang jaraknya kayanya 10 meter secepat mungkin tiga kali (jadi 6x10m)


Udah nih tesnyaa itu aja, semoga bermanfaat. Kalo ada pertanyaan bisa dm ig : @septinngrumrz

Comments

  1. Ka testnya pake pakaian hitam putih apa bebas?

    ReplyDelete
  2. kalau setau aku bebas rapi. tapi kebanyakan pakai hitam putih

    ReplyDelete
  3. Kak, kalo kuliah di stpn apakah menguras mental sekali?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga terlalu. tapi cukup menguras wkwk tapi gak sekeras perhubungan kok

      Delete
  4. Kak kalau kita pake behel pas tes bisa ga ?

    ReplyDelete
  5. Kak mau tanya, ada tes postur tubuh tidak ya?

    ReplyDelete
  6. Kakk,yg pnting lari nyaa 12 mnt kann?ohh yaa ujian tertulis nya trdiri mapel apa ajaa kak?ohh yaa gigi syaa bolong kak apaa harus di tambal kah untuk kesehatan? Terima kasih kakk:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang penting lari 12 menit. tapi usahakan gak pingsan dan dapet minimal 3, soalnya pas tahun 2018 paling sedikit 3 putaran. ujian tertulisnya matdasar sama tpu pas tahun 2018, tapi 2019 tpu diganti tpa. kalau untuk gigi, ga ada tes/pengecekan gigi adek. sama sama

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Makasi artikelnya kaka, sangat membantuu kak, semoga sukses selalu ๐Ÿ’™๐Ÿ’™

    ReplyDelete
  9. untuk nilai rapot nya gmn kak? hrs brp rata ratanya
    ?

    ReplyDelete
  10. kak kalo punya bekas luka apa bisan lolos ya?

    ReplyDelete
  11. Grup stpn
    https://chat.whatsapp.com/DYChq3v6vpbIAqvMaLA8Yq

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. engga ade. gaada berat badan minimal atau maksimal juga.

      Delete
  13. Assalamualaikum kak. Kak klo ada skoliosis apa bisa masuk STPN ?

    ReplyDelete
  14. Permisi kak, mau tanya. Apakah boleh mendaftar STAN dengan STPN sekaligus? Lalu perkiraan lari 12 menit harus dapet berapa puteran + estimasi jarak tempuh larinya ? Terimakasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekolah kedinasan setahu aku cuma bisa daftar satu aja

      Delete
    2. bisa. saya dulu juga daftar STAN wkwkw tp g ketrima. krn STPN kedinasan tp tdk ikatan dinas. gaada minimal harus dapet berapa. pokoknya sebanyak2nya. waktu saya tes nilai plg rendah 3 putaran. estimasi jarak tempuhnya lapangan lari itu yg bulet, saya gatau namanya. pokoknya yg kayak lomba lari itu

      Delete
  15. Kak kalo kita punya riwayat pernah patah tulang apa bisa kak ?

    ReplyDelete
  16. Kak kalau ga kuat pull up gimana?? :)))

    ReplyDelete
  17. Kak dulu push up sekitar dpt berapa? Dan syarat dihitung nya gmna kak? Kalau dpt dikit push up nya dikit gmna kak? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sekitar 28-30an saya. syaratnya coba buka akun youtube KTBN (Korps Taruna Bela Negara) ada tutorialnya. kalo bisa usahakan sebanyak2nya

      Delete
  18. Ada tinggi badan minimal gak kak? Please jawab ya

    ReplyDelete
  19. Kak mau nanya buat tes tulis itu materi lebih detailnya apa ajah ya?

    ReplyDelete
  20. kak kalo tinggi badan kurang gabisa lolos? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. latihan biar nambah tinggi. dulu saya renang +- 1 bulan sama konsumsi susu bonetto bisa nambah kok. bismillah semangat. btw saya dulu kurang 1 cm alhamdulillah bisa lolos

      Delete
  21. Makasih banyak ka
    Blog Kaka banyak membantu saya๐Ÿ™

    ReplyDelete
  22. Soalnya dari tahun ke tahun ada kemiripan nggak kak?

    ReplyDelete
  23. Kak maaf mau tanya, untuk test yg diujikan saat tes tertulis itu apa aja?
    Lebih tepatnya mapel apa aja kak? Makasih sebelumnya๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya agak lupa buat materinya. coba nnti saya carikan dulu ya. insyaAllah kalau dapat saya buatkan artikel baru

      Delete
  24. Hallo kak, kalo misal daftar STPN trus cabang daftar univ gitu gimana kak? boleh atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, saya dulu juga gitu. jadi kalau misal gak ketrima di STPN, saya ambil yg di Univ

      Delete
  25. Kak, untuk rata2 matematika minim 75 dari kelas X sampe XII itu mat wajib atau mat peminatan juga ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus itu rata-rata persemester, atau 5 semester (jumlah total) baru di rata-rata kak? terima kasih

      Delete
    2. kayaknya mat wajib (krn kan dulu ada yg belum pake k13), tapi lebih amannya semuanya (mat wajib/mat minat) diatas 7.5. kalo buat rata-rata, bukannya semua metode kamu nnti hasilnya sama ya?

      Delete

Post a Comment

Popular Posts