CARA BELAJAR SKD CPNS

 Assalamualaikum teman teman

Kali ini saya mau membagikan cara saya belajar SKD. Saya tipe orang yang mudah bosan teman-teman. Sering bosen juga baca buku ataupun ngerjain soal. Jadi saya siasati latihan belajar saya. 

Kalau untuk hitung-hitung nalar, saya dulu pake aplikasi namanya "math riddle". ini game sebenarnya ya, tapi lumayan buat asah otak. itu bisa masuk buat belajar deret juga.


Gak cuma apk itu, saya juga liat latihan di youtube, sama latihan soal juga. 

Kalo buat TIU yang bagian gambar (figural) itu bisa latihan mandiri. tapi kalo misal kalian kesulitan latihan sendiri, kalian bisa liat youtube. dulu saya malas juga belajar sendiri, jadi nonton di youtube aja. pokoknya yang penting gak skip belajar. banyak channel yang bahas soal skd. ada channel yg sering saya liat dulu yaitu "klub matematika". pejelasannya mudah dipahami.

Kalo buat tiu verbal, kuncinya sering baca. Bisa dari buku/smartphone.  Jangan lupa latihan soal. Soal di internet banyak. --Saya punya sosmed namanya "tumblr". Tumbr itu kaya sosmed biasa, cuman kata-kata di postingan mereka pake bahasa yang indah.-- Disitu kita bisa juga dapet kata-kata yang jarang dipakai sehari-hari. Kalau misal di tumbr/buku/Soal ada kata yang asing/Kurang paham, langsung cari di KBBI. bisa search google, bisa juga pake aplikasi KBBI yang ini :


Perbanyak baca dan cari tahu arti kata yang sulit dipahami.

Terus buat TWK perbanyak membaca.

Untuk tes TKP itu kuncinya cari yang diinginkan pembuat soal.
Pertama kalian cari tahu materinya dulu. Misalnya pelayanan publik itu gimana, apa yang diinginkan (sifat/perlakuan yang diprioritaskan). Terus integritas diri apa yang diinginkan, dst.
Kedua, Catat. Biar kalian kalau lupa tinggal baca rangkuman.
Ketiga latihan soal. perbaiki terus latihan kalian sampai paham.

Saya dulu juga pake bimbel online. namanya AyoCPNS.









disitu ada tips trik, materi dan latihannya banyak. ada pembahasannya pula. Dan menurut saya murah juga.

Kayaknya itu aja dari saya. Banyak salah kata/kata yang tidak enak saya minta maaf yaa teman-teman. Kalau misalnya ada yang salah boleh dikoreksi ya teman-teman. makasih udah baca blog saya, Semoga berhasil yaaa, aamiin.



Comments

Post a Comment

Popular Posts