Gambaran Soal SKD CPNS

Assalamu’alaikum teman-teman, kali ini aku mau share contoh soal apa saja yang keluar ketika saya tes SKD CPNS 2019 (seinget saya aja tapi)

Dulu, pendaftaran CPNS 2019 dibuka bulan November 2019. Tes CPNS ada 2, SKD dan SKB. SKD terdiri dari 100 soal. Tahun 2018 terdiri dari 35 soal TWK, 30 TIU, dan 35 TKP. Sedangkan tahun 2019 terdiri dari 30 TWK, 35 TIU, dan 35 TKP.

Untuk contoh soal SKD tahun saya, langsung saya taruh di bawah (ini Cuma seinget saya ya) :
TWK
-pancasila sebagai pandangan hidup berarti...
-pasal amandemen (Cuma 1)
-pasal ttg DPA dihapus
-menarik kesimpulan dari jawaban
dll

TIU
- pengoperasian bilangan bulat dan pecahan (+-x:)
e.g : ½+3x2:2-1=...
-  menarik kesimpulan (analogi matematika)
e.g : semua nelayan pasti pandai berenang
         semua warga Karanganyar adalah seorang nelayan
kesimpulan: semua warga Karanganyar pandai berenang
-figural/gambar (lumayan banyak)
- langsung conso aja
gula:manis =....
jawaban = panas:api
-nuri:burung = arlodji:.....
 jwb = aksesoris
-tabel menunjukan kepemilikan (tas/sepatu) berdasar jenjang pendidikan,
soal : pada jenjang manakah yang paling membutuhkan tas dan sepatu yg paling banyak
jawabannya nanti sangat jelas dan gamblang dari data tabel
- a = 4+2
   b= 8-5
soal : hub a dan b
pilihan a<b, a>b, a=b, dll
-kalimat tidak efektif dari bacaan

TKP
saya gak inget, cuman kuncinya di judul. Kalo dia temanya pelayanan, kalian harus pilih jawaban yang mengutamankan pelayanan juga. Karena kalau TKP itu biasanya jawabannya bagus semua. Kalau gak lihat tema kita akan bingung, mana jawaban yang paling cocok. Tapi kalau kita lihat judul dulu, insyaAllaah kita bisa tentukan jawabannya.

Itu aja buat SKD yang saya ingat. Banyak latihan soal SKD di internet maupun di buku latihan atau e book. Selamat belajar, selamat berjuang, semoga sukses, diberi kemudahan. Aamin
bonus nilai SKD saya kemarin. Hehe.. wassalamu’alaikum




Comments

Popular Posts